Lebih Mengenali Bahaya dan Risiko di Tempat Kerja

Image result for Lebih Mengenali Bahaya dan Risiko di Tempat KerjaKita kerapkali mendengar arti bahaya dan resiko ditempat kerja. Tetapi, kadang-kadang kita kerap meremehkan hal itu karena itu hanya satu potensi yang belum pasti berlangsung dalam diri kita. dengan cara harfiah, pengertian bahaya bisa disimpulkan satu potensi yang nampak dari aktivitas manusia yang berhubungan dengan mesin ataupun lingkungan yang bisa menyebabkan kerugian, baik dengan cara material ataupun non-material. sedang, resiko maerupakan besar kecilnya peluang potensi bahaya itu berlangsung.

 

Dalam system manajemen K3, bahaya dan resiko dari kesibukan pekerjaan itu jadi parameter paling utama. Tidak cuma untuk diidentifikasi dan lakukan penilaian pada potensi-potensi, bahkan juga butuh bertindak mencegah untuk menyingkirkan potensi dan resiko yang nampak ditempat kerja. Pastinya, membuat lingkungan kerja yang sehat, aman dan selamat jadi maksud akhir dari aplikasi system.

 

Pada umumnya, industri lakukan pengklasifikasian bahaya berdasar pada sistem dan kesibukan yang ada di lingkungan kerja. Sebagian kelompok bahaya yang ada ditempat kerja yaitu terbagi dalam dari bahaya fisika, bahaya mekanik, bahaya kimia, bahaya biologis, bahaya ergonomis dan yang lain. Pengkategorian ini untuk memudahkan kita dalam bertindak pengendlian, yaitu dengan lakukan pengendalian rekayasa mesin atau alat, penyusunan dengan cara administratif, bahkan juga yang seringkali dikerjakan yaitu dengan melindungi manusianya dengan alat pelindung. selalu menggunakan alat pelindung di area kerja. selalu gunakan sepatu safety, seragam, helm.

 

tiap-tiap industri lakukan semua itu dengan systematis. Membuat program-program dengan tips system manajemen K3, sampai lakukan sertifikasi dengan OHSAS 18001. Tetapi, kita masihlah kerap mendengar terjadinya kecelakaan kerja dan angka kesakitan dalam dunia kerja.

 

Butuh diakui, memanglah hal yang begitu susah untuk membuat nihil angka kecelakaan kerja (zero accident) ataupun angka kesakitan kerja. Walau demikian, bukanlah bermakna mustahil dikerjakan. Dasarnya, kita bukanlah sekedar hanya memperkenalkan bahaya & roisiko dan aksi pengendaliannya pada pekerja, tetapi kita butuh meyakinkan pekerja itu betul-betul mengerti benar sampai jadikan satu rutinitas bahakan jadi satu budaya dalam dianya untuk membuat lingkungan yang aman dan selamat dalam bekerja. 

Write a comment

Comments: 2