Jenis Jenis APD & Cara Penerapannya

Image result for apd lengkap

 

1. SAFETY HELMET

Safety Helmet harus digunakan di semuanya ruang proyek/semuanya ruang yang memiliki kemungkinan kepala terbentur atau tertimpa benda., terkecuali saat ada di ruang tak harus menggunakan safety helmet. Spesial untuk operator unit tipe canopy (bukanlah cabine), sepanjang bekerja harus menggunakan safety helmet.

2. SAFETY GLASSES

A. TYPE NIGHT (JERNIH/PUTIH)

Dipakai untuk crew Plant, crew Tyre, dan memiliki kemungkinan cedera pada mata.

B. TYPE DAY

Dipakai untuk crew checker, trafficman, survey, crew blasting, operator A2B dan pekerja yang bekerja di lapangan (ruang terbuka) dan memiliki kemungkinan cedera pada mata, umpamanya terserang debu.

3. SAFETY GOGGLES

Safety goggles lain dengan safety galass. Safety goggles bisa melindungi mata dari percikan benda asing yang datangnya dari depan, samping, bawah dan atas. Safety Goggles harus dipakai saat bekerja pada pekerjaan yang memiliki kemungkinan terserang percikan benda/bahan dari semuanya arah, umpamanya las/welding, gerinda, dan lain-lain.

Safety goggles untuk las (welding) mesti dengan double lens/dua lensa (clear & dark), untuk pekerjaan yang lain safety goggles yang dipakai tyre single lens/satu lensa (clear).

4. EAR PLUG/PELINDUNG TELINGA

Harus dipakai saat masuk ke ruang yang menyebabkan tingkat kebisingan tinggi, atau di sekitar/di sekitar orang yang lakukan pekerjaan dengan tingkat kebisingan tinggi, umpamanya masuk genset room, pekerjaan gauging, impact, memukul dengan hammer, di ruang pompa/multiflow, dan yang lain.

5. MASKER

Masker dipakai membuat perlindungan saluran pernapasan dari kemasukkan benda asing, seperti debu atau uap kimia yang beracun. Masker harus digunakan saat pekerja ada di ruang yang memiliki kemungkinan terhirupnya benda asing ke saluran pernapasan. Tipe masker yang dipakai bergantung dari jenis benda yang punya potensi terhirup ke saluran pernapasan. Jika debu, dipakai masker debu, umpamanya untuk checker, trafficman, dan lain-lain. Jika uap/zat kimia, dipakai masker kimia, umpamanya blaster, welder, dan lain-lain.

6. APRON (PELINDUNG BADAN), LEG PROTECTOR

Apron yaitu alat pelindung spesial & harus dipakai oleh welder membuat perlindungan radiasi cahaya las.

Leg protector yaitu pelindung lengan membuat perlindungan tangan dari percikan bunga api dari kesibukan pengelasan.

7. SARUNG TANGAN (GLOVES)

A. Ada 3 jenis sarung tangan yang kita gunakan. Sarung tangan katun/kain, dipakai untuk pekerjaan-pekerjaan manual yang memiliki kemungkinan tangan terluka oleh benda kerja, umpamanya pekerjaan pengankatan benda/barang, pekerjaan mekanik, dan pekerjaan manual yang lain.

B. Sarung tangan kulit, dipakai untuk pekerjaan yang menyebabkan percikan api atau memiliki kemungkinan tangan terbakar, umpamanya pekerjaan las.

C. Sarung tangan karet/latex, dipakai untuk pekerjaan yang berkaitan dengan perlakuan bahan kimia. Dan sarung tangan kulit chrome, harus dipakai untuk pekerjaan yang terkait dengan perbaikan instalasi listrik tegangan tinggi.

8. LIFE JACKET (BAJU PELAMPUNG)

Pakaian pelampung harus digunakan oleh karyawan yang bekerja di perairan, seperti di dalam laut, crew water pump di sump

9. SAFETY SHOES/SEPATU SAFETY

Semuanya karyawan harus diperlengkapi dengan sepatu safety shoes. Safety shoes harus digunakan di semuanya ruang proyek,/semuanya ruang yang memiliki kemungkinan kaki terluka atau tertimpa oleh benda. Operator dan driver harus menggunakan safety shoes sepanjang menjalankan unit. terkecuali saat ada di ruang tak harus menggunakan safety shoes

10. SAFETY HARNESS/PENGAMAN BADAN DI KETINGGIAN

Safety harness harus digunakan oleh pekerja yang bekerja di atas ketinggian kian lebih 2 mtr., seperti diatas atap bangunan, diatas tiang listrik, repair di boom/arm excavator, dan lain-lain. Safety harness tak harus digunakan untuk pekerja yang diatas tangki air, tangki solar yang telah dilngkapi dengan pagar pengaman.

11. REFLECTIVE VEST (ROMPI PANTUL CAHAYA)

Reflective vest harus digunakan oleh pekerja yang bekerja atau ada di ruang terbuka dan di sekelilingnya ada kesibukan kendaraan/alat berat tengah bekerja. Saat penggunaannya yaitu siang dan malam hari. Reflective vest tak harus digunakan, jika pada pakaian karyawan telah dipasang strip reflective (reflective tipe). 

Write a comment

Comments: 5